Ketahui Macam-Macam Antibiotik

Obat yang paling sering ada hampir di setiap resep dokter adalah antibiotik. Antibiotik ditemukan oleh seorang ilmuwan asal Skotlandia bernama Alexander Fleming pada tahun 1929. Antibiotik pertama yang ditemukan oleh Fleming adalah Penisilin. Saat ini, ada banyak macam macam antibiotik yang telah berhasil ditemukan oleh para ilmuwan untuk melawan penyakit akibat infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Setiap antibiotik memiliki kegunaan yang berbeda dan mengatasi penyakit yang juga berbeda. Oleh sebab itu, setiap pembelian antibiotik harus disertai dengan resep dokter atau anjuran dari apoteker. Karena ada begitu banyak macam antibiotik, terkadang kita tidak dapat membedakan mana yang sebaiknya kita konsumsi dan hindari.

Beberapa Macam Antibiotik

Pada awalnya, antibiotik yang pertama kali ditemukan adalah penisilin. Antibiotik tersebut banyak digunakan untuk mengatasi infeksi pada kult, daerah mata, gigi dan bagian tubuh lainnya. Seiring dengan perkembangan ilmu kesehatan, saat ini ada lebih dari 100 jenis antibiotik yang ada dan dapat digunakan untuk mengatasi infeksi. Berikut ini macam macam antibiotik.

  1. Polipeptida

Jenis antibiotik ini dapat sangat aktif mengatasi infeksi yang disebabkan oleh bakteri pada tubuh manusia. Namun, pengonsumsian antibiotik ini secara terus menerus dapat menyebabkan beberapa gangguan seperti gangguan ginjal dan sistem syaraf otak.

  1. Sulfonamida

Antibiotik sulfanomida biasanya digunakan untuk mengatasi infeksi pada ginjal. Namun, pengonsumsian antibiotik ini juga harus dibarengi dengan mengonsumsi banyak air putih agar tidak terjadi efek samping yang akan membahayakan kesehatan ginjal.

  1. Makrolida

Antibiotik jenis ini biasanya digunakan untuk mengatasi masalah pada infeksi saluran pernapasan, dada dan lambung. Makrolida juga biasanya digunakan sebagai alternatif bagi mereka yang alergi terhadap antibiotik penisilin. Cara kerja dari antibiotik ini adalah dengan menghambat pembentukan protein oleh bakteri sehingga infeksi tidak akan menyebar.

  1. Fluroquinolones

Macam macam antibiotik yang selanjutnya adalah fluroquinolones. Antibiotik ini merupakan antibiotik yang belum lama ditemukan oleh para ilmuwan. Cara menggunakan antibiotik ini adalah dengan oral atau langsung diminum. Jenis antibiotik ini tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil dan anak-anak.

Related posts: